Minggu, 15 Desember 2013

CUCI TANGAN PAKAI SABUN

Mencuci tangan dengan menggunakan sabun merupakan salah satu langkah atau cara dalam menurunkan angka kematian balita serta mencegah penyebaran penyakit. Banyak para balita yang kurang mendapat perhatian kita dalam hal menjaga kebersihan tangan. Dan Banyak pula  orang menganggap mudah dan gampang dalam melakukan kegiatan mencuci tangan. Mencuci tangan yang baikpun ternyata ada prosedur dan langkah - langkahnya, dan hal ini memang perlu kita sosialisasikan kepada semua orang tertama kepada anak - anak. Mencuci tangan bukan hanya sekedar tangan itu basah terkena air.

Membersihakan tangan sesuai dengan prosedur yang benar, bisa membunuh kuman penyebab penyakit. Selain itu, mencuci tangan dengan baik dan benar juga bisa mencegah penyebaran penyakit melalui kuman yang menempel di tangan. Kita harus mencuci tangan kita dengan baik dan benar sebelum makan ataupun sebelum memulai pekerjaan.

Terdapat tujuh ( 7 ) langkah yang harus kita perhatikan dalam mencuci tangan, yang merupakan cara membersihkan tangan sesuai dengan prosedur yang benar. 7 langkah ini adalah tata cara membersihkan tangan dengan menggunakan sabun untuk membersihkan jari - jari, telapak dan punggung tangan dari semua kotoran, kuman serta bakteri jahat penyebab penyakit.
Adapun tujuh ( 7 )  langkah tersebut adalah sebagai berikut ;

1. BASAHI KEDUA TELAPAK TANGAN setinggi pertengahan lengan dengan memakai air yang mengalir.  Ambil sabun kemudian usap dan gosok telapak tangan secara lembut.
2. Usap dan gosok kedua punggung tangan secara bergantian.
3. Gosok sela - sela jari tangan hingga bersih.
4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan cara mengatupkannya.
5. Gosok dan putar
6. letakan ujung jari ke telapak tangan dan gosok secara bergantian.
7. Bersihakan pergelangan tangan secara bergantian dengan cara memutar, dan diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir, lalu keringkan dengan handuk atau tisu.









Tujuh  langkah di atas umumnya memakan waktu sekitar 15 menit. Dan untuk kebersihan tangan secara maksimal, disarankan menggunakan sabun khusus untuk cuci tangan.
Sekali lagi jangan anggap enteng tentang mencuci tangan……….


Tidak ada komentar:

Posting Komentar