Minggu, 22 Desember 2013

SEMAKIN SEMPITNYA TEMPAT BERMAIN ANAK

Di Kelurahan Kemiri  Muka Kecamatan Beji Kota Depok, saat ini sudah semakin sempitnya bahkan bisa dikatakan sudah tidak ada lagi tempat untuk anak - anak bermain. Demikian diungkapkan oleh Ketua POKJA RW.01 Kelurahan Kemiri Muka, Kecamatan Beji, Ibu Evi Suci Lestari dalam kegiatan Posyandu ceria di Jalan Ciliwung beberapa hari yang lalu.
“ Saat ini daerah kami sudah padat sekali mas penduduknya, sehingga kami kesulitan untuk mencari lahan  yang bisa dipakai dan dijadikan tempat bermain anak - anak, “ begitulah keterangan yang diberikan oleh Ibu Evi Suci Lestari.
Menurut ibu Evi, dengan situasi  dan kondisi ini, fasilitas bermain untuk anak - anak di wilayahnya untuk sementara ini dipusatkan di teras rumah Ketua RW.01 Kelurahan Kemiri Muka.
Ketua Forum Kota Layak Anak ( FOKLA ) Kota Depok, Ibu Retno Wijayanti mengiyakan penuturan dari ibu Evi Suci Lestari Tersebut. “ Idealnya, setiap RW itu memiliki satu taman bermain untuk anak - anak dengan maksud dan tujuan agar kita sebagai orang tua bisa dengan mudah memantau kegiatan anak - anak kita, “ ujar Ibu Retno Wijayanti.
Mengenai pentingnya peran dari Posyandu, Ibu Retno menuturkan bahwa keberadaan Posyandu sangatlah penting ada di setiap RW, agar dapat diketahui segala informasi terutama mengenai kesehatan keluarga. “ Di Posyandu orang tua akan mendapatkan informasi dan konsultasi mengenai kesehatan keluarga, khususnya anak - anak,” jelas Ibu Retno Wijayanti.
Ada bebrapa hal yang cukup mengkhawatirkan bila anak - anak tidak dibawa dan diperiksa perkembangannya di Posyandu. “ Bila anak kita tidak dibawa dan diperiksa perkembangannya di Posyandu, maka kita selaku orang tua tidak akan pernah tahu bagaimana perkembangan dari anak kita, berapa seharusnya berat badannya yang disesuaikan dengan umurnya, lalu bagaimana pula gizinya, “ lanjut ungkapan yang dilontarkan oleh Ibu Retno Wijayanti.
Ketua Posyandu RW.01 Kelurahan Kemiri Muka, Ibu Nurjanah berharap kepada para orang tua untuk membawa anak - anaknya ke Posyandu guna dicek gizinya, untuk di imunisasi, agar bisa terpantau dan terditeksi kondisi kesehatannya.
Memang Posyandu adalah salah satu UKBM yang keberadaannya dianggap sepele oleh kebanyakan masyarakat, tetapi sesungguhnya keberadaan Posyandu begitu penting guna menciptakan generasi mendatang yang sehat, cerdas, berpikiran maju dan berakhlak mulia.
Semoga di Kelurahan kemiri Muka, semua Posyandu yang ada akan menjadi pilihan utama bagi para orang tua untuk memeriksakan perkembangan buah hatinya.

Selamat berjuang dan berkerja buat para Kader Posyandu semua, kalian adalah pekerja sosial yang sudah sepantasnya mendapatkan penghargaan yang tinggi dan apresiasi yang mantap dari masyarakat semua. Semoga kalian akan selalu diberikan kesehatan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Amin…….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar